Cara Memberi Warna Pada Object Di CorelDraw

Cara Memberi Warna Pada Object Di CorelDraw

Masams - Mewarnai Object adalah salah satu ilmu dasar yang harus di pelajari dalam desain grafis, karena mewarnai object nanti akan sangat berguna dalam membuat suatu desain.

Dalam ilmu grafis kita mengenal 2 jenis object, yaitu Line dan Curva. Dan di bagi lagi menjadi Object Terbuka dan Object Tertutup, lihat pada gambar agar lebih jelas.
Pada object terbuka kita hanya bisa memberi warna pada outline atau garis saja dengan cara Klik Kanan pada Color Pallete. Jika pada object tertutup kita bisa mewarnai Line dan Fill / Isi dengan cara Mengklik Kiri pada Color Pallete dengan warna yang kita inginkan.

Pertama

Misalnya teman-teman telah membuat object dengan menggunakan Freehand Tool atau Pentool.
Kedua

Ketika ingin mewarnai object tetapi warna tidak bisa muncul pada isi object tersebut, masalah ini biasanya karena line tidak salling berhubungan atau line ada terputus.


Ketiga

Untuk mengecek line ada yg terputus atau tidak terhubung, maka lihat ke Menu Bar > View > Werefram, itu cara untuk melihat dalam mode Werefram atau hanya garis tanpa warna (fill).



Keempat

Cobalah untuk Zoom In pada setiap sudut, pasti di sana ada salah satu sudut yang tidak berhubungan.

Kelima

Bagaimana cara menghubungkan Sudut tersebut? Caranya teman-teman sihalkan Klik Shape Tool (shortcut: F10). Kemudian select kedua titik yang tidak berhubungan dengan cara Klik dan Drag atau Menggeser Mouse.

Keenam

Setelah Dua titik tersebut telah terselect, maka langkah selanjutnya yaitu Kita lihat ke Property Bar lalu Klik  Join two nodes. Maka secara otomatis dua titik tersebut akan saling terhubung dan menjadu satu titik.
Ketujuh

Dan jika kita kembalikan ke mode Enhanced pada Menu Bar View > Enhanced. Maka warna yang sudah kita klik pada langkah sebelumnya akan Terisi pada Object yang telah kita buat.

Selesai.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel saya yang sederhana ini mengenai Cara Memberi Warna Pada Object Di CorelDraw. Semoga bermanfaat bagi teman-teman ;)


Emoticon emoticon bingungEmoticon emoticon sip