Membuat Kubus 3 Dimensi Dengan Mudah Di CorelDraw

Cara Membuat Kubus 3 Dimensi Dengan Mudah Di CorelDraw

Masams - Whatsup teman-teman berjuma lagi dengan saya di hari yang sedang hujan deras ini saya akan memberikan tutorial Cara Membuat Kubus 3 Dimensi Dengan Mudah Di CorelDraw.
Oke langsung aja ke topik bahasan kita, di sini saya menggunakan CorelDraw X7, untuk versi CorelDraw yang secara garis besar sepertinya sama saja tapi mungkin agak sedikit berbeda karena tata letak Tool yang mungkin saja tidak sama dengan CorelDraw X7.



Langkah Pertama

Pada langkah pertama ini saya anggap teman-teman sudah mempunyai program CorelDraw dan sudah menginstal program tersebut.
Jika teman-teman sudah mengintal program CorelDraw, bukalah program CorelDraw lalu Klik File > New > Beri Nama Pada Dokumen > Kemudian Klik OK
Klik File > New
Berilah Nama Pada Document

Langkah Kedua

Langkah kedua setelah membuat document kemudian kita lihat di sebelah kiri atau pada bagian Tool, gunakan Tool Regtangle (cara cepat tekan shortcut : F6) buat lah sebuah kotak pada document CorelDraw dengan cara Tekan Shift + Klik Tahan > lalu Geser Mouse maka akan terbentuk garis kotak untuk ukuran terserah teman-teman cara mengubah ukuran lihat pada lingkaran gambar di bawah, kalo saya membuat ukuran 400px X 400px.

Tool Rectangle shortcut F6
Gambar Setelah Membuat Kotak

Langkah Ketiga

Lihat lagi ke arah Tool kemudian gunakan Tool Extrude ini dia Tool yang bisa membuat objek kotak tadi menjadi 3 Dimensi. Setelah Tool Extrude telah aktif Tahan Klik pada Bagian Tengah Kotak yang tadi dibuat > kemudian geser mouse menyamping ke atas (lihat pada gambar) > Lepas Klik. Maka terbentuklah rangka 3 Dimensi pada Kotak menjadi Kubus.

Tool Extrude
Setelah Menggunakan Extrude

Langkah Keempat

Pada langkah keempat kita akan mewarnai kubus tersebut agar terlihat 3 Dimensi dan indah. Ada dua cara pewarnaan, yang pertama menggunakan Extrution Color dan yang kedua menggunakan Interactive Fill Tool alias Manual.

  • Cara Pertama (Extrution Color)
Menggunakan Extrution Color. Klik sisi atas atau samping Kubus kemudian liat ke bagian atas atau Property Bar, Klik Extrution Color di sini ada 3 pilihan tapi kita hanya menggunakan yang Solid Color atau Color Shading.
Extrution Color

1. Menggunakan Solid Color, Klik Solid Color kemudian di bagian using Pilih warna yang kita ingingkan.
Extrution Color > Solid Color

Setelah kita klik warna yang kita inginkan maka hasilnya akan seperti berikut :
Setelah Menggunakan Extrution Color > Solid Color

Kita lihat gambar di atas, terlihat pada bagian sisi depan kubus tersebut belum ada warna sehingga terlihat bolong atau kosong. Untuk memberi warna pada sisi depan caranya hanya tinggal Kilk Bagian Sisi depan kemudian kita warnai dengan menggunakan Tool Interactive Fill Tool > Uniform Fill pada bagian Warna kita tinggal pilih warna yang kita inginkan, sehingga hasilnya akan terlihat seperti ini :
Setelah Menggunakan Extrution Color > Solid Color

Untuk menghilangkan outline atau garis caranya tinggal kita Klik Kubus tersebut lalu kita liat ke bagian Property Bar Klik panah menghadap ke bawah pada Outline Width kemudian pilih none, sehingga hasilnya akan seperti ini:
Hasil Setelah Menghilangkan Outline

2. Menggunakan Color Shading tidak jauh berbeda dengan menggunakan Solid Color, yang hanya membedakan hanya gradasi pada kubus. Cara menggunakannya Klik Color Shading kemudian di bagian Form dan To kita pilih warna apa yang kita ingingkan.

Color Shading

Setelah kita klik warna yang kita inginkan maka hasilnya akan seperti berikut :
Setelah Menggunakan Color Shading

Untuk menghilangkan outline atau garis caranya tinggal kita Klik Kubus tersebut lalu kita liat ke bagian Property Bar Klik panah menghadap ke bawah pada Outline Width kemudian pilih none, sehingga hasilnya akan seperti ini:
Setelah Outline Dihilangkan

  • Cara Kedua (Manual)
Menggunakan cara manual, Klik sisi atas bagian kubus > Klik Kanan pilih Break Extrude Group Apart (cara cepat shortcut: CTRL+K). Klik lagi bagian Atas atau Samping sisi kubus > Klik Kanan kemudian pilih Ungroup All Objects. Setelah ter Ungroup otomatis sisi-sisi kubus akan terpisah dan bisa di warnai dengan warna masing-masing.

Klik lagi Bagian Sisi Atas Kubus > Klik Kanan > Order > To Front Of Layer (shortcut: Shift+PageUp). Ini berguna untuk menaikan Layer sisi atas menjadi yang paling atas.

Contoh sebelum Layer di naikan jika di warnai akan seperti ini:
Gambar Order To Front Of Layer
Terlihat Outline masih menimpa Sisi Atas.

Dan jika Layer Sisi Atas sudah di naikan maka akan seperti ini:
Gambar Order To Front Of Layer

Oke lanjut lagi, Sekarang Bagian Sisi Kanan Klik lagi Bagian Sisi Kanan Kubus > Klik Kanan > Order > To Front Of Layer (shortcut: Shift+PageUp). Kemudian warnai Sisi Sebelah Kanan tersebut, dengan cara yang sudah saya kasih tau di atas.

Hasilnya akan seperti ini :
Mewarnai Sisi Samping Kanan Manual
Warnai Sisi Depan Kubus, Hingga hasilnya terlihat seperti ini:
Setekah Proses Pewarnaan Manual
Hilangkan Outline dan hasilnya akan seperti ini:
Setelah Outline Dihilangkan
Teman-teman juga bisa memberi efek gradasi dari masing-masing setiap sisi dengen menggunakan Tool Interactive Fill Tool > Fontain Fill.
Caranya akan kita bahas di lain waktu :D


Selesai.

Mungkin segini dulu Tutorial tentang Membuat Kubus 3 Dimensi Dengan Mudah Di CorelDraw mudah-mudahan apa yang saya bagikan bermanfaat dan berguna bagi teman-teman yang sudah membaca. Komentar dari teman-teman sangat di harapkan agar saya bisa lebih semangat dalam membagikan tutorial-tutorial desain grafis lainnya.

Jika ingin mengcopy artikel saya boleh saja tetapi ingat harus memberikan link sumber :) (hargai tulisan saya dengan memberi link sumber).


Emoticon emoticon bingungEmoticon emoticon sip